Entri Populer

Senin, 14 Maret 2011

ISBD


RINGKASAN MAKALAH
MANUSIA DAN LINGKUNGAN

1.PENGERTIAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN
1.1. Pengertian Manusia
Manusia dilihat dari beberapa pandangan sebagai berikut :
1.       Manusia sebagai makhluk jiwa dan raga, maksudnya adalah di dalam diri  manusia terdapat jiwa dan juga raga. Manusia harus dapat memenuhi kebutuhan jiwanya yaitu kebutuhan rohani dan kebutuhan raganya yaitu kebutuhan jasmani. Pemenuhan kedua kebutuhan itu harus seimbang.
2.       Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, selain memegang peranan sebagai makhluk pribadi , manusia juga memegang peranan sebagai makhluk sosial. Manusia tidak akan bisa hidup hanya sebagia makhluk pribadi, manusia pasti membutuhkan orang lain.
3.       Ditinjau dari monodualisme pribadi berdiri sendiri dan makhluk ciptaan Tuhan, pada hakekatnya manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan, segala usaha yang dilakukan oleh manusia bukan semata hanya karena kemepuan drinya sendiri tapi ada campur tangan Tuhan.
1.2. Pengertian Kebudayaan
                Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni. Bahasa, sebagaiman budaya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari diri manusia.

2. PERWUJUDAN KEBUDAYAAN
2.1. Unsur Kebudayaan
Menurut beberapa ahli unsur kebudayaan antara lain :
1.       Alat –alat teknologi
2.       Norma sosial
3.       Keluarga
4.       Sistem ekonomi
5.       Organisasi politik
2.2. Wujud Kebudayaan
1. Gagasan ,wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide,gagasan,nilai-nilai,norma-norma,peraturan,dan sebagainya yang bersifat abstrak.
2. Aktivitas,aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakkan berpola dari manusia dan masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial.
3. Artefak, artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktifitas, perbuatan, dan karya semua manusia.
2.3. Komponen Kebudayaan
1. Kebudayaan material, Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata.
2. Kebudayaan nonmaterial, Kebudayaan non material adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi.
3. SUBSTANSI KEBUDAYAAN
Substansi kebudayaan adalah
1.       Sistem Pengetahuan
2.       Sistem Nilai Budaya
3.       Persepsi
4.       Pandangan Hidup
5.       Etos Budaya


2 komentar: